Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
Konten dari Pengguna
Black Panther dan Teori Kritis Global
8 Januari 2023 18:49 WIB
Tulisan dari Anugrah Wejai tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Overview
Film ke-18 Marvel bisa disebut sebagai salah satu produksi Hollywood terbaik dekade ini. Disutradarai oleh Ryan Coogler dan dibintangi Chadwick Bosemand sebagai T'Challa, pemimpin bangsa Wakanda, Black Panther mengguncang bioskop di seluruh Amerika Serikat. Ini mencetak beberapa rekor box office, termasuk American Film Institute Award untuk Film Terbaik pada tahun 2018, film dengan pendapatan kotor tertinggi di Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 2018, menjadikan Black Panther film dengan pendapatan tertinggi kedua di dunia tahun 2018.
ADVERTISEMENT
Namun, di balik reputasi film Black Panther, kita bisa melihat pesan yang tercermin dalam simbol, bahasa, dan komunikasi. Ada saran bagi penulis akan pentingnya teori kritis global yang sesuai dengan cerita yang sedang berlangsung. Misalnya, di salah satu scene kita terkagum-kagum dengan teknologi Wakanda (negeri di Black Panther) yang lebih maju dari standar yang dikembangkan dunia. Secara tidak langsung, Black Panther tidak hanya menunjukkan keunggulan Marvel dalam produksi film, tetapi juga menandakan pemahaman yang jika dikomunikasikan lebih lanjut akan menentukan pendekatan kritis di dunia ini.
Black Panther, wujud asosiasi teori-teori Orientalisme dan Feminisme
Orientalisme, sebuah teori yang dipopulerkan oleh profesor Palestina-Amerika Edward W. Said (2016) menjelaskan Orientalisme yang artinya bagaimana Barat memaknai Timur, menekankan Timur sebagai objek yang irasional, tidak berkembang, penuh dengan mitologi dan stereotype lainnya. Timur seharusnya berarti Dunia Ketiga, seperti di film Black Panther. Orientalisme sebagai cara berpikir membuka wawasan bagaimana budaya dominan menghasilkan stereotype budaya “lain” sebagai tidak berdaya, tidak mampu apa-apa tentang ketimpangan.
ADVERTISEMENT
Penulis menyebutkan dua adegan yang mencerminkan stereotype negatif Barat tentang Timur (Dunia Ketiga). Pertama, itu terjadi dalam tujuh menit pertama film, di mana seorang reporter berita kulit putih berkata:
Masih dengan narasi yang sama, berikutnya berada pada scene akhir film yang menggambarkan suasana pertemuan para pemimpin dan delegasi dunia di PBB. Dalam suasana sidang, seorang pemimpin kulit putih bertanya kepada T’Challa (Pemimpin Wakanda):
Kenapa harus Orientalisme? Penulis mempertimbangkan beberapa konsep lain, tetapi untuk membaca fenomena sinematik ini, Orientalisme dapat digunakan sebagai ukuran analisis yang cocok untuk memahami konteks antara Barat dan Timur, serta paradoks struktur dominan dan dominasi. Film Black Panther memperlihatkan bagaimana negara-negara maju – Global North – dan sekutunya mendefinisikan negara berkembang/negara terbelakang – Global South atau Dunia Ketiga – melalui narasi peyoratif. Seperti kutipan adegan di atas, yang sangat menonjolkan ekspresi penghinaan terhadap keterbelakangan dan kemiskinan, meskipun realitas Wakanda berbeda bahkan lebih progresif dari apa yang digambarkan.
ADVERTISEMENT
Dari Orientalisme hingga Feminisme, film Black Panther sebagai upaya untuk mempromosikan kesetaraan gender dalam politik dunia. Lensa gender yang dihadirkan mengacu pada orientasi Feminisme Empiris, yang menurut Heywood (2016) adalah representasi perempuan untuk meningkatkan partisipasi. Penulis menerjemahkan film Black Panther sebagai visi kesetaraan posisi laki-laki dan perempuan dalam proses dan kontribusi nyata bagi negara, di mana Wakanda merepresentasikannya dengan baik.
Sebagian besar atau hampir semua adegan film berurusan dengan keseimbangan aktor perempuan. Berlawanan dengan tradisi perfilman pada umumnya, Black Panther menempatkan posisi perempuan dalam kerangka yang penting dan dihormati. Menurut sinopsisnya, Danai Gurira sebagai Okoye ditampilkan sebagai seorang prajurit patriotik - bertentangan dengan arus utama, karena sebagian besar film cenderung menampilkan protagonis laki-laki dalam peran tersebut. Seperti Letitia Wright sebagai Shuri, yang kecerdasannya melebihi rata-rata remaja kulit putih di Amerika Serikat, bahkan produser eksekutif Nate Moore menyebutnya "orang terpintar yang di dunia daripada Tony Stark" (Trumbore, 2018). Selain itu, Lupita Nyong'o sebagai Nakia digambarkan sebagai wanita yang cerdas dan pandai berkelahi.
ADVERTISEMENT
Secara simbolis, peran signifikan perempuan tampaknya menghidupkan pandangan dunia di Dunia Ketiga yang mengidealkan suasana koeksistensi dan kesetaraan melalui lensa gender. Partisipasi perempuan dan laki-laki saling melengkapi. Selain itu, tema feminisme yang penulis tangkap dalam film Black Panther adalah perpaduan antara modernitas dan alam di negeri Wakanda yang berdampingan dan pada bagian-bagian yang tidak ada penguasaan atau dominasi. Penggunaan teknologi oleh Shuri seringkali menunjukkan kohesi ekologis. Dipahami lebih lanjut bahwa dinamika dan proses tersebut merupakan dasar bagi cita-cita masyarakat Dunia Ketiga yang berkembang dan bukan hanya untuk kemajuan modernitas.
Teori Kritis Lainnya adalah Oksidentalisme
Seringkali para ahli berpendapat bahwa ketika berbicara tentang Orientalisme, Oksidentalisme adalah kebalikannya. Masih dalam dikotomi ini, kita hanya ditawari pilihan, bukan keduanya, lebih tepatnya karena dalam beberapa ketentuan definisi keduanya mengandung unsur pancaran. Terlepas dari pergulatan itu, Oksidentalisme memuat pengertian yang luas sebagai sebuah pandangan tentang Barat di mana tata cara mengungkapkannya berasal dari cara kita melihat Barat itu secara ilmiah atau tidak ilmiah (Metin, 2013; Metin, 2020)
ADVERTISEMENT
Penulis merangkum bahwa budaya Barat mengatur cara pandang orang-orang dari budaya Timur—Asia, Afrika, Timur Tengah—dari budaya Barat menurut karakteristiknya, seperti gaya hidup orang-orang di Eropa dan Amerika Serikat. Film Black Panther adalah perwujudan dari visi Oksidentalisme. Penilaian penulis menyangkut komunikasi, bahasa teknologi, dan peradaban serta kedewasaan manusia di Wakanda. Kaitan di atas dengan Orientalisme, di mana Barat mendefinisikan Timur sesuai versi standarnya, sebenarnya sama sekali keliru.
Wakanda lebih beradab dalam hal kemajuan teknologi, namun semuanya terbatas pada kebutuhan generasi mereka. Itulah arti dari kebijakan isolasi, tetapi T'Challa akhirnya memutuskan untuk "membuka" dan "membagikan" apa yang mereka miliki sebagai cadangan untuk kepentingan komunitas dunia. Menurut hemat penulis, apakah hal ini tidak mencerminkan kedewasaan seseorang untuk melihat dunia ketika kepentingan bersama dikejar bukan hegemoni. Dalam pengertian ini, Black Panther bisa dikenali sebagai perwujudan Oksidentalisme.
ADVERTISEMENT
Lantas, untuk apa semua itu?
Terkadang kita perlu memahami bagaimana sistem di sekitar kita bekerja. Sistem kapitalis, ekonomi negara berkembang, lapangan kerja dan baru-baru ini ekonomi digital. Media yang mudah dipelajari adalah film dan bioskop. Film memungkinkan segala sesuatu diterjemahkan dengan benar, sehingga penonton/konsumen tidak kesulitan memahami konteks yang ditawarkan. Banyak film yang diputar, tetapi seperti banyak film lainnya, kami memahami arah paradigma, untuk apa.
Ditujukan bagi penulis, film Black Panther dapat direkomendasikan kepada para pelajar, mahasiswa dan khususnya para penggiat gender dan pecinta sastra lintas budaya. Teks ini bukan kritik film, tetapi analisis film dan teori kritis yang tersirat. Mungkin tidak semua orang punya banyak waktu untuk menggunakan buku Edward Said tentang Orientalisme untuk belajar tentang Barat dalam sebuah proyeksi yang merepresentasikan Timur, namun dengan bantuan film kita dapat dengan mudah memahaminya karena representasi visualnya lebih didasarkan pada pengalaman empiris daripada narasi akademik.
ADVERTISEMENT
Akhirnya, film ini bisa kita nikmati karena kualitas visual yang luar biasa dan suspense yang dikembangkan dengan baik oleh tim produksi. Tanpa disadari, kita menyaksikan realitas sosial, politik, kemanusiaan, budaya, dan ideologi bangsa lain yang hidup dalam struktur dominan, Global North.
Referensi
Coogler, R., & Göransson Ludwig. (2018). Black Panther [DVD].
Heywood, A. (2015). Teori-teori tentang Politik Global. In Politik Global. chapter, Pustaka Pelajar.
Trumbore, D. (2018, January 24). Black panther: Things to know - comics, characters & costumes. Collider. Retrieved January 7, 2023, from https://collider.com/black-panther-things-to-know/
Said, E. W. (2016). Orientalisme. Pustaka Pelajar.
Metin, A. (2020, April 16). Occidentalism: An Eastern reply to orientalism. Bilig. Retrieved January 7, 2023, fromhttps://www.academia.edu/42723233/Occidentalism_An_Eastern_Reply_to_Orientalism
ADVERTISEMENT