Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
Konten dari Pengguna
The Uncanny Valley: Fenomena Misterius di Dunia Robotika dan Animasi
31 Juli 2023 6:36 WIB
Tulisan dari Atthalia Fakhira tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
The Uncanny Valley adalah fenomena psikologi yang jarang dibahas oleh banyak orang, namun memiliki dampak signifikan dalam pengembangan teknologi manusia buatan. Konsep ini menggambarkan bagaimana ketakutan dan ketidaknyamanan muncul ketika manusia berhadapan dengan robot atau karakter buatan yang semakin mendekati tingkat realisme manusia. Dalam artikel ini, kita akan menyelami The Uncanny Valley dan menggali penyebab serta implikasinya dalam desain dan penggunaan teknologi manusia buatan.
ADVERTISEMENT
Pengenalan tentang The Uncanny Valley
The Uncanny Valley (Lembah yang Menakutkan) adalah istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh seorang ilmuwan robotika, Masahiro Mori, pada tahun 1970. Teori ini menyatakan bahwa semakin realistis sebuah karakter buatan, semakin manusia akan merasa nyaman dan menyambutnya. Namun, ketika karakter tersebut mencapai tingkat realisme yang hampir sama dengan manusia, tetapi masih terlihat sedikit "aneh" atau "tidak wajar", maka akan timbul ketakutan dan ketidaknyamanan.
Kurva The Uncanny Valley
Kurva The Uncanny Valley menggambarkan hubungan antara realisme manusia buatan dan respon emosional manusia. Saat realisme meningkat, respon emosional juga meningkat, tetapi ketika mencapai puncak lembah, respon emosional tiba-tiba menurun drastis sebelum meningkat kembali ketika karakter semakin mirip manusia.
ADVERTISEMENT
Penyebab Ketakutan dan Ketidaknyamanan
Penyebab ketakutan dan ketidaknyamanan dalam The Uncanny Valley belum sepenuhnya dipahami, tetapi beberapa teori mengusulkan beberapa faktor:
Implikasi dalam Teknologi Manusia Buatan
The Uncanny Valley memiliki implikasi dalam pengembangan teknologi manusia buatan. Desainer dan pengembang harus berhati-hati untuk menghindari menciptakan karakter yang terjebak dalam lembah yang menakutkan, karena hal ini dapat menyebabkan reaksi negatif dan bahkan penolakan pengguna terhadap teknologi tersebut.
ADVERTISEMENT
Mencari Solusi dalam Desain
Untuk menghindari efek The Uncanny Valley, desainer dapat memilih pendekatan seperti desain karakter dengan gaya yang jelas dan abstrak, memberikan karakteristik khusus yang membedakannya dari manusia secara signifikan, atau meningkatkan realisme secara bertahap dengan mengurangi ketidakselarasan fisik.
The Uncanny Valley adalah fenomena psikologi yang menarik dan jarang dibahas oleh banyak orang. Efek ini menggambarkan bagaimana ketakutan dan ketidaknyamanan muncul ketika manusia berhadapan dengan karakter buatan yang semakin mendekati tingkat realisme manusia.
Memahami The Uncanny Valley adalah penting dalam pengembangan teknologi manusia buatan untuk menciptakan interaksi yang lebih nyaman dan positif antara manusia dan teknologi canggih. Dengan mempertimbangkan aspek psikologis ini dalam desain, kita dapat menghindari jebakan lembah menakutkan dan menciptakan teknologi yang lebih terintegrasi dengan manusia.
ADVERTISEMENT