Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
Konten dari Pengguna
Apa Itu Sprite pada Scratch? Ini Penjelasan dan Fungsinya
15 Juni 2024 16:46 WIB
·
waktu baca 3 menitTulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Banyak yang mungkin belum tahu apa itu sprite pada scratch. Scratch adalah platform pemrograman visual yang dirancang untuk memudahkan anak-anak dan pemula dalam mempelajari konsep dasar pemrograman. Sprite adalah elemen penting di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Dikembangkan oleh MIT Media Lab, Scratch memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk membuat animasi, permainan, dan cerita interaktif. Caranya adalah dengan menggunakan blok-blok kode yang bisa disusun seperti puzzle.
Memahami Apa Itu Sprite pada Scratch
Scratch menggunakan antarmuka berbasis blok, jadi pengguna bisa menyeret dan menjatuhkan blok-blok kode untuk membangun program . Blok-blok ini dirancang agar mudah dipahami dan intuitif, dengan bentuk yang saling mengunci seperti potongan puzzle.
Berdasarkan buku Membuat Game Scratch Pertamaku, Triana Afriani H.E, S.Kom, (2022), pengguna bekerja dengan sprite, yang merupakan karakter atau objek yang dapat diprogram untuk melakukan berbagai tindakan.
Jadi, sebenarnya apa itu sprite pada Scratch?
Sprite adalah objek yang digunakan untuk melakukan tindakan dan berinteraksi dalam proyek. Sprite bisa berupa karakter, benda, atau bahkan latar belakang yang memiliki fungsi untuk diprogram untuk bergerak, mengubah penampilan, dan merespons input.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah beberapa poin penting tentang sprite pada Scratch.
1. Objek yang Dapat Diprogram
Setiap sprite dapat diprogram menggunakan blok-blok kode. Artinya sprite dapat melakukan berbagai tindakan seperti bergerak, berbicara, mengganti kostum, memutar suara, dan banyak lagi.
2. Kostum
Sprite dapat memiliki beberapa kostum. Kostum adalah tampilan atau bentuk visual dari sprite yang dapat diubah selama jalannya program. Misalnya, sprite kucing memiliki kostum yang menunjukkan berbagai gerakan atau ekspresi wajah.
3. Skrip
Skrip adalah kumpulan blok kode yang menentukan apa yang dilakukan oleh sprite. Skrip ini bisa berisi instruksi untuk bergerak, merespons perintah pengguna, mengulang tindakan, atau berinteraksi dengan sprite lain.
4. Interaksi
Sprite dapat berinteraksi dengan sprite lain dan dengan latar belakang. Mereka bisa saling berkomunikasi menggunakan pesan, mendeteksi tabrakan, dan merespons input dari pengguna seperti klik mouse atau tekanan tombol.
ADVERTISEMENT
5. Penampilan
Selain kostum, sprite juga bisa diubah dalam hal ukuran, warna, dan efek grafis lainnya. Ini memudahkan pengguna untuk membuat animasi dan efek visual yang menarik.
6. Posisi dan Gerakan
Setiap sprite memiliki posisi (koordinat x dan y) di panggung Scratch. Posisi ini bisa diubah melalui skrip untuk membuat sprite bergerak di sekitar panggung. Gerakan bisa berupa langkah-langkah sederhana, meluncur ke titik tertentu, atau mengikuti pola tertentu.
7. Panggung
Panggung adalah area sprite beraksi. Panggung bisa memiliki latar belakang yang berbeda dan juga bisa diprogram, meskipun panggung tidak dianggap sebagai sprite.
8. Audio
Sprite juga bisa memutar suara atau musik. Scratch menyediakan berbagai suara yang bisa digunakan, atau pengguna bisa mengunggah suara mereka sendiri untuk digunakan dalam proyek.
Dengan memahami apa itu sprite pada Scratch, penggunanya dapat membuat cerita interaktif, permainan, animasi , dan berbagai proyek kreatif lainnya. Sprite adalah elemen dasar yang membuat pemrograman visual dan interaktif menjadi mudah dipahami dan menyenangkan. (DNR)
ADVERTISEMENT